Selasa, 15 Maret 2011

Gopher


Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.

Gopher adalah sistem dimana pemakai dapat mengakses informasi di komputer lain. Beda gopher dengan web adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melainkan hanya teks. Oleh sebab itu gopher mulai banyak ditinggalkan para pemakai internet saat ini.



Gopher
Internet Gopher
adalah sistem berbasiskan menu yang paling dasar yang menyediakan hubungan yang saling berhubungan antara file-file pada komputer-komputer Internet. File-file ini nampak seperti direktori berseri di seputar menu Gopher yang sebenarnya berlokasi di komputer lain.
Gopher menyediakan akses ke dokumen teks. Grafik dan suara digital hanya dapat dimasukkan dalam kumpulan dokumen, yang harus didownload ke komputer lokal, dan baru kemudian dapat dilihat dengan program lain. Gopher juga memungkinkan akses ke beberapa jasa Internet lainnya seperti Telnet untuk hubungan jarak jauh.


Manfaat/fungsi gopher

Manfaatnya adalah pemakai tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang mereka akses. Gopher merupakan sistem yang memungkinkan para pemakai internet dapat mengakses . Manfaatnya adalah pemakai tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang mereka akses. Gopher merupakan sistem yang memungkinkan para pemakai internet dapat mengakses . Gopher adalah sistem dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan hirarki .Selain kelebihan, penggunaan internet sebagai media riset juga memiliki beberapa . Gopher dapat mengakses informasi dengan menggunakan hirarki .


Link Gopher
Extracts all links from web page, sorts them, removes duplicates, and displays them in a new tab for copy and paste into other systems. Also extracts embedded, referrer-type links in the format http://www.example.com/go?url=http://www.example.com/foo . Also displays a distilled list of unique domain names used in the links

Internet menyediakan banyak informasi yang dapat diakses penggunanya lewat sistem menu. Seorang pengguna INTERNET dihadapkan pada sebuah menu yang bercabang-cabang. Untuk menuju ke informasi atau data yang dituju, seorang pengguna menyeleksi pilihan-pilihan yang disediakan hingga masuk ke topik yang diinginkan. Fasilitas demikian disebut Gopher.
Gopher juga merupakan cara penjelajahan Internet yang berbasis menu. Sistem menu yang terdapat didalam gopher sangat sederhana namun bersifat interaktif, artinya apabila pemakai menghubungi gopher lokal misalnya di Jakarta, dengan memilih sebuah menu perintah, dapat pula menghubungi gopher yang terdapat di Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar